Termasuk Romelu Lukaku Andai Jadi Gabung, Ini 10 Striker Termahal yang Pernah Dibeli Chelsea

Termasuk Romelu Lukaku Andai Jadi Gabung, Ini 10 Striker Termahal yang Pernah Dibeli Chelsea

arenasportsid  –  Chelsea dikenal sangat sering mendatangkan striker berkualitas untuk memperkuat lini depannya. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang mempunyai banderol mahal.

Chelsea punya agenda untuk membeli striker baru pada musim panas ini. Namun, The Blues kabarnya akan segera kedatangan Romelu Lukaku dari Inter Milan.

The Blues harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk memulangkan Lukaku. Menurut laporan, Chelsea mengajukan tawaran sebesar 130 juta euro kepada Inter.

Inter diklaim tergoda dengan tawaran fantastis yang diajukan kubu Chelsea tersebut. Mereka pun diyakini akan melepas Lukaku ke Chelsea dalam waktu dekat.

Jika transfer ini benar-benar terwujud, Lukaku akan memperkuat Chelsea untuk kedua kalinya. Dia juga akan tercatat sebagai striker termahal Chelsea.

Adrian Mutu

Chelsea mendatangkan Adrian Mutu dengan biaya 19 juta euro pada musim panas 2003 dari Parma. Awalnya, sang pemain mampu tampil gemilang bersama The Blues dengan mencetak empat gol dalam tiga pertandingan.

Seiring berjalannya waktu, ketajaman Mutu kemudian memudar. Situasinya semakin buruk setelah striker Rumania itu berselisih dengan manajer Jose Mourinho.

Mutu juga sempat diskors tujuh bulan karena terbukti menggunakan kokain. Pada Oktober 2004, Chelsea memutuskan untuk membatalkan kontrak Mutu.

Jimmy Floyd Hasselbaink

Jimmy Floyd Hasselbaink datang ke Chelsea dari Atletico Madrid dengan mahar 22,5 juta euro pada tahun 2000. Dia kemudian menjadi andalan di lini depan The Blues.

Selama empat musim berseragam Chelsea, Hasselbaink tampil dalam 177 pertandingan dan mencetak 88 gol. Dia juga sempat memenangkan FA Charity Shield.

Namun, kehadiran Jose Mourinho membuat Hasselbaink harus angkat kaki dari Chelsea. Kontraknya tak diperpanjang dan dilepas oleh Chelsea pada 2004.

Hernan Crespo

Hernan Crespo datang ke Chelsea pada tahun 2003. Striker asal Argentina ini ditebus dari Inter Milan dengan biaya yang mencapai 26 juta euro.

Crespo gagal menunjukkan keganasannya selama berseragam Chelsea. Mantan pemain Lazio tersebut hanya mencetak 25 gol dari 73 penampilan di semua kompetisi.

Chelsea melepas Crespo setelah kontraknya habis pada Juli 2008. Sebelum meninggalkan Stamford Bridge, Crespo sempat dipinjamkan ke AC Milan dan Inter Milan.

Diego Costa

Diego Costa bergabung dengan Chelsea pada 2014. Pemain asal Spanyol itu diboyong dari Atletico Madrid dengan harga 38 juta euro.

Costa tak menemukan kendala setelah datang ke Chelsea. Mantan pemain Braga itu langsung menjadi bagian penting untuk The Blues.

Secara keseluruhan, Costa tampil sebanyak 120 pertandingan, mencetak 58 gol dan 24 assist. Dia juga berhasil mempersembahkan dua gelar liga dan satu gelar piala domestik.

Didier Drogba

Didier Drogba menjadi striker paling tajam yang pernah dimiliki Chelsea sejak era Roman Abramovich. Pemain asal Pantai Gading itu memperkuat Chelsea pada dua periode yakni 2004-2012 dan 2014-2015.

Drogba bergabung dengan Chelsea dari Marseille pada 2004 dengan harga 38,5 juta euro. Drogba menjadi pemain awal yang diboyong Chelsea pada era Roman Abramovich.

Secara keseluruhan, Drogba tampil sebanyak 381 kali dan sukses mencetak 164 gol serta 86 assist. Drogba juga menjadi bagian dari kesuksesan Chelsea dalam meraih empat gelar liga, sembilan trofi piala domestik, dan satu gelar Liga Champions.

Michy Batshuayi

Michy Batshuayi tampil sangat impresif bersama klub Prancis Marseille. Hal itulah yang membuat Chelsea merekrutnya pada 2016 dengan mahar 39 juta euro.

Akan tetapi, nasib pemain asal Belgia itu kurang beruntung di Stamford Bridge. Ia kesulitan mendapat kesempatan bermain reguler bersama The Blues.

Sampai sejauh ini, Batshuayi sudah mencetak 25 gol dari 77 penampilan untuk Chelsea. Sang pemain dipinjamkan ke Crystal Palace selama dua musim terakhir ini.

Andriy Shevchenko

Chelsea merekrut Andriy Shevchenko dari AC Milan pada 2006. Striker asal Ukraina itu diboyong ke Stamford Bridge dengan biaya transfer sebesar 43,8 juta euro.

Namun, Shevchenko kesulitan beradaptasi dengan sepak bola Inggris. Dia hanya mencetak 22 gol saja dari 77 pertandingan di semua kompetisi untu The Blues.

Setelah dipinjamkan ke AC Milan, Shevchenko meninggalkan Chelsea pada bursa transfer musim panas 2009. Dia memutuskan kembali ke mantan klubnya Dynamo Kiev dan mengakhiri kariernya di sana.

Timo Werner

Timo Werner bergabung dengan Chelsea pada jendela transfer musim panas 2020. The Blues merekrutnya dari RB Leipzig dengan mahar sebesar 53 juta euro.

Kedatangan Werner di Stamford Bridge menuai banyak pujian. Terlebih sang pemain merupakan mesin gol untuk RB Leipzig.

Namun, performa Werner bersama Chelsea masih belum sesuai harapan. Pemain asal Jerman itu baru mencetak 12 gol dari 52 penampilan di semua kompetisi.

Fernando Torres

Fernando Torres meninggalkan Liverpool dan bergabung Chelsea pada Januari 2011. Dia memecahkan rekor pemain termahal di Inggris setelah ditebus dengan biaya 58,5 juta euro.

Torres turut membantu Chelsea memenangkan Liga Champions serta Liga Europa. Namun, dia sering diingat sebagai satu di antara pembelian gagal The Blues.

Torres hanya mencetak 45 gol dalam 172 penampilan di semua kompetisi. Setelah gagal bersinar di Chelsea, Torres melanjutkan kariernya di AC Milan.

Alvaro Morata

Alvaro Morata didatangkan dari Real Madrid seharga 66 juta euro. Nilai transfer Morata tersebut memecahkan rekor transfer klub saat itu.

Morata hanya mencetak 16 dari 47 pertandingan di Premier League. Penampilannya bersama Chelsea dianggap tidak sesuai ekspektasi.

Chelsea kemudian meminjamkan Morata ke Atletico Madrid pada musim panas 2019. Klub Spanyol itu kemudian menebus Morata seharga 35 juta euro.

Sumber: Transfermarkt

Berita Olahraga