Situasi Kurang Mendukung, Walikota Rio De Janeiro Siap Batalkan Copa America 2021

Situasi Kurang Mendukung, Walikota Rio De Janeiro Siap Batalkan Copa America 2021

RIO DE JANEIRO – Walikota Rio De Janeiro, Eduardo Paes, mengatakan bahwa ia dan otoritas berpotensi membatalkan gelaran Copa America 2021. Hal tersebut terjadi apabila situasi pandemi COVID-19 memburuk di kotanya.

Hal ini diungkapkan dalam konferensi pers mingguan tentang situasi kesehatan di Rio De Janeiro, Jumat 4 Juni 2021 waktu setempat. Manurut laporan AFP, Paes mengatakan turnamen ini tidak membawa keuntungan apapun.

Lebih lanjut, ia berpendapat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk menyelenggarakan turnamen. Terlebih, Brasil memang salah satu negara dengan kasus COVID-19 tertinggi di dunia hingga saat ini.

“Kami tidak meminta Copa America dan jika Anda menginginkan pendapat saya, saya pikir ini bukan waktu yang tepat untuk menyelenggarakan turnamen seperti itu,” kata Paes dilansir dari France24, Sabtu (5/6/2021).

Sementara itu, turnamen-turnamen lokal di Brasil seperti Liga Brasil dan turnamen antarklub Amerika Selatan, Copa Libertadores, akan terus berlanjut secara tertutup di Rio De Janeiro. Hal ini didasarkan pada Dekrit seputar kesehatan yang berlaku hingga 14 Juni atau sehari setelah pembukaan Copa America 2021 pada 13 Juni 2021 waktu setempat.

Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk beberapa turnamen tersebut diberhentikan secara paksa. Paes mengatakan bahwa ini bisa terjadi jika situasi pandemi terus memburuk dan tidak adanya koordinasi antara pihak penyelenggara turnamen dan Otoritas Rio.

“Tetapi jika situasinya memburuk, kami akan memiliki keputusan lain dan itu bisa memberhentikan turnamen, karena tidak setiap saat piah penyelenggara menghubungi otoritas kesehatan kota,” tegasnya.

Pernyataan Paes ini bertentangan dengan Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, yang menyatakan akan mendukung penuh Copa America 2021. Bolsonaro menyampaikan hal ini merupakan keputusan logis mengingat Brasil sudah menjadi tuan rumah dari ajang-ajang besar.

“Saya dihubungi oleh (Federasi Sepak Bola Brasil) dengan informasi bahwa Argentina tidak dapat menjadi tuan rumah Copa America, dan menanyakan apakah Brasil dapat menjadi tuan rumah. Jawaban pertama yang saya berikan adalah, pada prinsipnya, ya,” ujar Bolsonaro.

Rio sendiri akan menjadi tuan rumah beberapa pertandingan krusial. Kota tersebut akan menggelar delapan pertandingan, termasuk partai final Copa America 2021.

Berita Olahraga