Semifinal Liga Champions: Hari Ini 10 Tahun Lalu, Lionel Messi Beri Real Madrid Mimpi Buruk

Semifinal Liga Champions: Hari Ini 10 Tahun Lalu, Lionel Messi Beri Real Madrid Mimpi Buruk

arenasportsid – Tepat hari ini, 27 April pada 10 tahun lalu, Lionel Messi menjadi mimpi buruk Real Madrid. Ya, bintang Argentina tersebut menjadi bintang di laga leg pertama semifinal Liga Champions 2010-2011 antara Real Madrid vs Barcelona.

Pada pertandingan di Santiago Bernabeu tersebut, Real Madrid tampil solid menghalau setiap gempuran Barcelona. Serangan demi serangan yang dimotori Xavi di lini tengah mampu diredam Los Blancos yang tampil disiplin.

Keputusan pelatih Real Madrid saat itu, Jose Mourinho, untuk menempatkan tiga pemain bertipe bertahan di lini tengah, Pepe, Xabi Alonso, dan Lassana Diarra tepat. Setidaknya hingga menit ke-61.

Pada menit ke-61 itu, Pepe mendapatkan kartu merah dari wasit Wolfgang Stark dari Jerman setelah melakukan pelanggaran pada Dani Alves. Setelah itu, benteng Los Blancos runtuh.1 dari 3

Magic Messi Muncul

Dengan keunggulan pemain yang dimiliki, Barcelona pun semakin leluasa menguasai permainan. Serangan demi serangan dilancarkan. Hingga puncaknya terjadi pada menit ke-76.

Berawal dari tusukan pemain pengganti Ibrahim Afellay di sisi kiri, pemain asal Belanda itu mampu melewati adangan Marcelo sebelum mengirim umpan ke Lionel Messi. Dengan sebuah sontekan akurat, Messi mampu mendahului Sergio Ramos dan menjebol gawang Iker Casillas.

Gol kedua pun bakal diingat sebagai salah satu gol paling cantik di Liga Champions. Sebuah kolaborasi dari Messi dan Sergio Busquest dari lini tengah, kemudian Messi melakukan solo run ke pertahanan Real Madrid.

Setelah mendapatkan operan dari Busquets, Messi kemudian melewati adangan Xabi Alonso dan Lassana Diarra dengan kecepatannya. Setelah itu ia melewati Raul Albiol yang mencoba menghentikannya.

Marcelo yang juga mencoba menghentikannya gagal. Sergio Ramos yang pontang-panting mengejarnya kemudian mencoba melancarkan tekel. Namun dengan cerdik, Messi mampu mendahuluinya dan melepaskan tembakan kaki kanan akurat yang tak mampu dihentikan Ramos dan Iker Casillas yang maju menutup ruang tembaknya.

Gol kedua dari Lionel Messi ini menjadi gol terakhir yang tercipta pada laga di Santiago Bernabeu tersebut. Kemenangan ini juga membantu Blaugrana lolos ke final karena di leg kedua semifinal Liga Champions 2010-2011 yang digelar di Camp Nou, kedua tim bermain imbang 1-1.2 dari 3

Barcelona Juara Liga Champions

Setelah mengalahkan Real Madrid di semifinal Liga Champions dengan agregat 3-1, Barcelona kemudian ditunggu Manchester United di partai final.

Manchester United sendiri mampu menembus partai final Liga Champions kala itu setelah menyingkirkan Schalke 04. Di leg pertama, MU mampu menang 2-0 sebelum di leg kedua kembali menang dengan skor 4-1.

Pada laga final Liga Champions 2010-2011 yang digelar di Wembley pada 28 Mei 2011 itu, Barcelona mampu keluar sebagai juara setelah menang dengan skor 3-1. Tiga gol kemenangan Barca dicetak Pedro, Lionel Messi, dan David Villa. Sementara satu-satunya gol MU dicetak Wayne Rooney.

Sumber: UEFA

Berita Olahraga