Roberto Mancini Resmi Jadi Pelatih Pertama yang Bawa Italia Tak Terkalahkan di 31 Laga

Roberto Mancini Resmi Jadi Pelatih Pertama yang Bawa Italia Tak Terkalahkan di 31 Laga

LONDON – Ada rekor menarik yang tercipta saat Tim Nasional (Timnas) Italia memastikan diri berhasil mengalahkan Austria di babak 16 besar Piala Eropa 2020 pada Minggu (27/6/2021) dini hari WIB. Rekor itu terkait pelatih mereka, yakni Roberto Mancini sukses menjadi pelatih pertama yang mampu membawa Timnas Italia tak terkalahkan di 31 laga secara beruntun.

Mancini berhasil melewati rekor luar biasa Vittorio Pozzo yang membawa Italia tak terkalahkan di 30 laga secara berturut-turut pada periode 1935 sampai 1939. Sebelumnya takterkalahkan di 30 laga secara beruntun menjadi hasil terbaik yang pernah dirasakan Italia dan itu hanya bisa dilakukan saat La Nazionale era Pozzo

Akan tetapi, kini Mancini sukses melewati pencapaian Pozzo ity karena berhasil membuat Italia tak terkalahkan di 31 pertandingan terakhir mereka. Terakhir kali Italia kalah pada September 2018 silam, yakni ketika Giorgio Chiellini dan kawan-kawan takluk 0-1 dari Portugal.

Setelah kekalahan melawan Portugal, Italia sampai sekarang sudah tak pernah merasakan lagi yang namanya kekalahan. Bahkan tren positif itu terus bertambah ketika Italia mampu menghajar Austria 2-1 di 16 besar Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Inggris tersebut.

“Timnas Italia telah membuat rekor tak terkalahkan baru dalam sejarah mereka. 31 laga menyalip 30 pertandingan rekor tak terkalahkan Italia yang pada saati itu di bawah asuhan Vittorio Pozzo pada tahun 1939,” bunyi cuitan akun twitter @OptaJoe, Minggu (27/6/2021).

Jadi, kini Mancini adalah pelatih dengan jumlah rekor tak terkalahkan terbanyak dalam sejarah Timnas Italia. Ia jauh lebih baik dari Pozzi, Italia era Marcello Lippi, Ferruccio Valcareggi, dan Azeglio Vicini yang sebelumnya memiliki rekor tak terkalahkan yang luar biasa bersama Italia.

Tentunya jumlah 31 laga tak terkalahkan itu masih bisa terus bertambah karena Italia masih terus bermain di Piala Eropa 2020. Kemenangan susah payah yang diraih Italia atas Austria membuat Gli Azzurri akan bermain di babak perempatfinal.

Disebut Italia harus bersusah payah dalam mengalahkan Austria karena memang skuad asuhan Mancini itu kesulitan untuk bisa lolos dari babak 16 besar. Italia sampai harus bermain di babak tambahan karena di waktu normal mereka sama kuat 0-0 dengan Austria

Beruntung masuknya Federico Chiesa dan Matteo Pessina di babak kedua membuat perbedaan yang signifikan terhadap permainan Italia saat tampil di babak tambahan. Dua gol tercipta dari aksi Chiesa dan Pessina di babak tambahan pertama.

Selanjutnya Italia akan bermain dii babak perempatfinal Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Allianz Arena pada Sabtu 3 Juli 2021. Untuk lawannya, Italia masih harus menuggu hasil pertandingan di babak 16 besar antara Belgia melawan Portugal.

Berita Olahraga