Preview Yunani vs Spanyol: Wajib Menang!

Preview Yunani vs Spanyol: Wajib Menang!

Timnas Spanyol akan melakoni laga krusial kontra Yunani pada matchday 7 Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa di Athens Olympic Stadium, Kamis (11/11/2021) malam waktu lokal atau Jumat (12/11/2021) dini hari WIB. La Furia Roja wajib menang untuk menjaga peluang meraih tiket otomatis ke Qatar.

Pasukan Luis Enrique mengalahkan Kosovo 2-0 untuk memperkuat posisi mereka di peringkat 2 klasemen Grup B dengan 13 poin. Sedangkan Yunani (9 poin) dikalahkan pemuncak klasemen Swedia (15 poin) 0-2 di laga terakhir mereka.

Harapan Yunani memastikan tiket otomatis ketiga mereka ke Piala Dunia sejak 2010 sudah pupus. Pasukan John van’t Schip berpeluang lolos ke playoff, namun mereka harus mengalahkan Spanyol di laga hidup-mati.

Kekalahan dari Swedia hanyalah kekalahan kedua Yunani dari 15 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi. Yunani terbilang cukup solid bermain di kandang, jadi laga nanti menjadi kerja keras Spanyol.

Sejatinya Spanyol sudah mengamankan tiket playoff dengan modal peringkat Nations League mereka. Spanyol lolos ke partai puncak UEFA Nations League 2020/2021 usai mengalahkan Italia, namun mereka dikalahkan Prancis di final. Jadi, jika tim Luis Enrique tersingkir dari dua besar Grup B, peringkat Nations League akan menyelamatkan mereka.

Tapi, pastinya Enrique tidak akan mempertimbangkan skenario seperti itu. Spanyol mencari kemenangan Kualifikasi Piala Dunia ketiga mereka sebelum pertemuan pekan terakhir mereka melawan Swedia, yang diperkirakan akan mengalahkan Georgia pada pekan ini.

Spanyol dikalahkan Swedia pada laga tandang di Friends Arena, Solna, 2 September 2021. Itu merupakan satu-satunya kekalahan Spanyol di Kualifikasi Piala Dunia di luar kandang sejak 1993. Tapi, setelah itu, Spanyol sukses mengalahkan Georgia 4-0 dan Kosovo 2-0.

Tapi, menghadapi Yunani kali ini Spanyol tanpa beberapa pemain kunci karena cedera. Sembilan pemain inti tidak tersedia untuk pertandingan melawan Yunani dan Swedia pada hari Minggu.

Pedri Gonzalez, Ferran Torres, dan Marcos Llorente, yang membawa Spanyol ke semifinal Piala Eropa beberapa bulan lalu, termasuk di antara mereka yang tidak bisa dipanggil Luis Enrique. Selain itu, Gerard Moreno, Mikel Oyarzabal dan Eric Garcia. Yeremi Pino dan Ansu Fati juga pemain lain yang cedera.

Hasil imbang melawan Yunani akan menjamin Spanyol setidaknya finis kedua di grup, yang akan mengirim Spanyol ke babak playoff bergabung dengan sembilan runner-up grup lainnya dan dua dari UEFA Nations League. Ke-12 peserta playoff akan diundi ke dalam tiga kelompok dengan empat tim dan bermain Maret mendatang.

Spanyol lolos ke setiap Piala Dunia sejak 1978, memenangkan satu-satunya gelar pada 2010 di Afrika Selatan. Pada Piala Dunia 2018, Spanyol disingkirkan tuan rumah Rusia di babak 16 besar.

“Saya tidak bisa membayangkan Piala Dunia tanpa Spanyol,” kata penyerang Brahim Díaz. “Kami memiliki dua final di depan kami dan kami harus memenangkannya.”

Perkiraan pemain

Yunani (5-2-1-2): Vlachodimos; Androutsos, Goutas, Tzavellas, Tsimikas, Giannoulis; Bouchalakis, Siopis; Mantalos; Pavlidis, Masouras
Pelatih: John van’t Schip

Spanyol (4-3-3): Simon; Carvajal, P. Torres, Laporte, Alba; Koke, Busquets, Gavi; Sarabia, Morata, Olmo
Pelatih: Luis Enrique

Lima pertemuan terakhir

25/03/2021 Piala Dunia Spanyol vs Yunani 1-1
18/06/2008 Piala Eropa Yunani vs Spanyol 1-2
22/08/2007 Persahabatan Yunani vs Spanyol 2-3
16/06/2004 Piala Eropa Yunani vs Spanyol 1-1
07/06/2003 Piala Eropa Spanyol vs Yunani 0-1

Berita Olahraga