Prediksi Laga Panas Piala AFF 2020, Timnas Malaysia Vs Indonesia: Saatnya Garuda Cakar Harimau Malaya

Prediksi Laga Panas Piala AFF 2020, Timnas Malaysia Vs Indonesia: Saatnya Garuda Cakar Harimau Malaya

Timnas Indonesia bakal melakoni partai terakhir Grup B Piala AFF 2020 dengan menghadapi Malaysia. Duel klasik ini dijadwalkan berlangsung di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, Minggu (19/12/2021).

Skuad Garuda memiliki modal yang positif untuk bisa memetik tiga angka dalam pertandingan ini. Timnas Indonesia kini menduduki puncak Grup B dengan tujuh poin. Hasil itu sama dengan Vietnam, namun Timnas Indonesia unggul selisih gol.

Tim arahan Shin Tae-yong itu juga masih belum terkalahkan dalam tiga pertandingan fase grup. Setelah unggul 4-2 atas Kamboja, mereka berpesta 5-1 kontra Laos. Terbaru, Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 melawan Vietnam (15/12/2021).

Hasil berbeda didapat oleh Malaysia. Mereka juga berhasil menaklukkan Kamboja dan Laos, masing-masing dengan skor 3-1 dan 4-0. Tapi, Harimau Malaya dihajar 0-3 oleh Vietnam di pertandingan terakhir (12/12/2021).

Apakah ini momen tepat Skuad Garuda mencakar habis Harimau Malaya? Yang pasti Malaysia sendiri menduduki peringkat ketiga dengan enam poin, persis di bawah Timnas Indonesia dan Vietnam di Grup B. Artinya, kemenangan atas Timnas Indonesia menjadi harga mati untuk menembus semifinal.

“Pertandingan besok melawan Indonesia akan menjadi suatu laga lain yang penting. Hal terpenting adalah kami harus fokus ke pertandingan ini,” kata Tan Cheng Hoe, pelatih Malaysia, dalam konferensi pers jelang laga, Sabtu (18/12/2021).

“Kami tahu tidak mendapatkan hasil yang bagus saat melawan Vietnam. Namun, laga melawan Indonesia adalah ada hal yang ingin kami raih dan kami siap bertanding melawan Indonesia,” tegas Tan Cheng Hoe.


Shin Tae-yong Ogah Jemawa

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyadari timnya lebih difavoritkan ini. Namun, dia enggan jemawa. Timnas Indonesia menjadi favorit karena diuntungkan situasi dengan status pemuncak klasemen sementara di Grup B Piala AFF 2020.

Shin Tae-yong meminta pemain Timnas Indonesia untuk fokus penuh dalam pertandingan dan tak lengah. Dengan bermain baik dan fokus menjaga kans Tim Garuda meraih kemenangan dan lolos ke semifinal Piala AFF 2020.

“Memang banyak yang berkata Indonesia difavoritkan pada pertandingan nanti. Namun, kami tidak tahu karena situasi pertandingan bisa berubah. Saya juga tegaskan kepada pemain agar tidak lengah. Kalau kami bisa memperkuat mental, pasti bisa meraih hasil yang baik,” ujarnya.

“Saya minta kepada para pemain agar mempersiapkan dengan baik. Memang kondisi pemain juga terlihat pelan-pelan meningkat dan juga percaya diri. Saya yakin bisa mendapatkan hasil yang baik melawan Malaysia yang merupakan tim lebih baik dari kami,” imbuhnya.


Tidak Pernah Imbang

Timnas Malaysia sendiri memiliki sosok yang membahayakan. Dia adalah winger Safawi Rasid yang telah mengoleksi empat gol dan berstatus sebagai top scorer sementara Piala AFF 2020. Nama satu ini harus diwaspadai.

Pertandingan ini menjadi pertemuan kesembilan antara Timnas Indonesia dan Malaysia di Piala AFF 2020. Statistik mencatat, pertandingan keduanya selalu ketat dan panas. Timnas Indonesia berhasil memenangi empat laga, sedangkan Malaysia juga demikian.

Uniknya, laga yang mempertemukan kedua tim selalu berakhir dengan pemenang dan tak pernah imbang. Timnas Indonesia tercatat sudah mencetak 14 gol ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. Adapun Malaysia sukses 13 kali menjebol gawang skuad Merah Putih.


Prakiraan Susunan Pemain

Malaysia (4-3-3): Khairul Fahmi (kiper); Rizal Ghazali, Dian Cools, Dominic Tan, Syahmi Safari (belakang); Junior Eldstal, Syafiq Ahmad, Baddrol Bakhtiar (tengah); Safawi Rashid, Guilherme de Paula, Akhyar Rashid (depan).

Pelatih: Tan Cheng Hoe.

Timnas Indonesia (4-3-3): Muhammad Riyandi (kiper); Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Victor Igbonefo, Pratama Arhan (belakang); Rachmat Irianto, Evan Dimas, Ricky Kambuaya (tengah); Witan Sulaeman, Dedik Setiawan, Irfan Jaya (depan).

Pelatih: Shin Tae-yong.

Berita Olahraga