Power Rankings 16 Tim di Liga Champions Setelah Drawing yang Kontroversial: Manchester United Peringkat 8, Liverpool Kedua

Power Rankings 16 Tim di Liga Champions Setelah Drawing yang Kontroversial: Manchester United Peringkat 8, Liverpool Kedua

Drawing babak 16 besar Liga Champions, Senin (13/12/2021), berlangsung kontroversial dan diwarnai beberapa kesalahan fatal. Akibatnya, undian tersebut terpaksa diulang. UEFA beralasan ada kesalahan teknis.  

Pada undian awal, muncul duel Manchester United kontra PSG yang menyedot perhatian. Alasannya apa lagi kalau bukan bertemunya dua pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Namun, reuni dua GOAT itu batal terwujud setelah drawing diulang. 

Manchester United akhirnya akan berjibaku melawan Atletico Madrid. Adapun PSG bersua dengan Real Madrid, yang juga memunculkan duel istimewa. Lionel Messi di kubu PSG, akan berjumpa musum lawas saat dirinya masih berbaju PSG. Bintang PSG, Kylian Mbappe, juga akan menghadapi klub yang diidamkannya. 

Premier League masih punya empat wakil di babak 16 besar Liga Champions, yaitu Manchester City, Liverpool, Chelsea, dan Manchester United. Mereka dianggap tim-tim yang kuat. 

Ada juga klub-klub yang tampil luar biasa di fase grup karena menyapu bersih kemenangan, yaitu Ajax dan Bayern Munchen. PSG hingga Juventus juga tidak bisa dipandang sebelah mata. 

Siapa di antara 16 klub di Liga Champions tersebut paling perkasa dan kuat? Berikut rankingnya, seperti dikutip dari Mirror


16. Lille

Juara Prancis itu menjuarai Ligue 1 bak dongeng pada musim lalu, tetapi kali ini menghadapi situasi yang lebih sulit. Setelah mengawali musim ini dengan buruk, Lille tidak terkalahkan dalam sembilan pertandingan di semua kompetisi sejak Oktober. 

Mereka memenangi tiga pertandingan terakhir di Liga Champions, melawan Sevilla, Red Bull Salzburg, dan Wolfsburg, dan melaju ke babak 16 besar.

Lille masih tercecer di urutan ke-11 di Ligue 1 dan dianggap bukan tim yang diperhitungkan di babak 16 besar Liga Champions.


15. RB Salzburg

Salzburg adalah tim Austria pertama yang lolos dari fase grup sejak Sturm Graz pada 2000/2001. Mereka hanya terpaut satu poin dari grup Lille, tetapi memenangkan 3 pertandingan kandang dan tidak beruntung karena ditahan 1-1 di Sevilla, padahal tampil dominan.

RB Salzburg dipenuhi pemain muda dan sangat berbakat, dipimpin penyerang remaja Karim Adeyemi – yang sejauh ini telah mencetak 18 gol musim ini termasuk empat di Liga Champions.

Tidak mungkin untuk melampaui Babak 16 besar, tetapi RB Salzburg adalah klub yang semakin betah di kompetisi klub terbesar – dan saat ini unggul 14 poin di puncak klasemen liga Austria.


14. Benfica

Klub raksasa Portugal lolos 16 besar ini dengan mengorbankan Barcelona, ​​​​yang mereka kalahkan 3-0 di Lisbon dan ditahan imbang tanpa gol di Camp Nou.

Jorge Jesus berada di bawah tekanan dalam posisinya sebagai bos Benfica setelah finis ketiga di liga domestik musim lalu dan di masih tercecer di belakang Sporting Lisbon dan FC Porto musim ini.

Bukan tim unggulan, tetapi Benfica adalah klub besar yang bermain dalam atmosfer yang mengintimidasi dan akan menjadi lawan duel yang melelahkan bagi tim mana pun.


13. Villarreal

Juara Liga Europa ini melaju ke babak 16 besar dari grup yang sulit dengan mengorbankan tim Italia, Atalanta.

Pasukan Unai Emery sedang berjuang musim ini dan mendekam di urutan ke-13 di La Liga dengan hanya empat kemenangan dari 16 pertandingan.

Emery adalah ahli dalam memastikan timnya tampil luar biasa di fase knockout. Kecenderungan Villarreal bermain imbang di banyak pertandingan membuat mereka menjadi lawan yang rumit untuk tim mana pun.


12. Sporting Lisbon

Pelatih, Ruben Amorim, memimpin Sporting meraih gelar liga pertama sejak 2002 pada musim penuh pertamanya di klub raksasa Portugal itu.

Sporting tampil mengesankan di fase grup, mengalahkan tim Turki, Besiktas, dan mengungguli Borussia Dortmund dalam rekor head-to-head mereka.

Pedro Gonçalves mencetak empat gol dalam tiga penampilan Liga Champions. Pemain internasional Spanyol, Pablo Sarabia dan penyerang Portugal Paulinho menambah daya gedor lini serang mereka.


11. Juventus

Juventus entah bagaimana memuncaki grup Liga Champions, meski tampil mengecewakan dan kalah empat gol dari Chelsea.

Pasukan Max Allegri hanya memenangkan delapan dari 17 pertandingan pembukaan Serie A musim ini dan mendekam di posisi keenam – jauh dari standar yang membuat mereka memenangkan sembilan gelar liga berturut-turut hingga 2020.

Pertahanan yang menua, taktik konservatif dan kurangnya striker elite, menjadi biang masalah Nyonya Tua. Tetapi dengan babak 16 besar masih dua bulan lagi, Bianconeri masih bisa berusaha menemukan performa lebih baik.


10. Atletico Madrid

Seperti Juventus, Atletico Madrid sedang menjalani musim yang sulit dan tampil jauh dari level yang membuat mereka mencapai final Liga Champions pada 2014 dan 2016.

Mereka lolos dari grup yang sulit dengan kemenangan hari terakhir yang buruk atas FC Porto, tetapi agak beruntung masih bisa bersaing dengan kemenangan kontroversial di AC Milan pada awal fase grup.

Atleti baru memenangkan setengah dari 16 pertandingan pembukaan di La Liga dan tampaknya akan menyerahkan gelar mereka jauh sebelum akhir musim.


9. Inter Milan

Juara Serie A untuk pertama kalinya dalam 11 musim, Inter Milan kehilangan pemain bintang Romelu Lukaku dan Achraf Hakimi pada musim panas 2021, plus sang pelatih Antonio Conte.

Namun tim besutan Simone Inzaghi adalah yang terdepan di awal Serie A dengan 40 poin dari 17 pertandingan pembuka, cukup padu dengan pemain baru Edin Dzeko dan Hakan Calhanoglu.

Berada di peringkat kedua grup setelah Real Madrid, Inter Milan memiliki rekor Eropa yang buruk dalam beberapa tahun terakhir. Lolos ke perempat final bakal menjadi pencapaian apik.


8. Manchester United

Meskipun tampil tidak menentu, Manchester United menduduki puncak grup Liga Champions yang rumit. Cristiano Ronaldo menegaskan statusnya sebagai Mr Liga Champions dengan torehan lima gol dari lima pertandingan.

Setan telah menikmati sedikit peningkatan performa pada Desember, mengemas tiga kemenangan berturut-turut di Premier League dan tidak terkalahkan dalam enam pertandingan di semua kompetisi.

Ralf Rangnick akan menjalani dua bulan di liga domestik, tanpa gangguan turnamen Eropa. Mereka bisa membangun momentum sebelum bertarung di 16 besar Liga Champions. 


7. Ajax Amsterdam

Klub Belanda ini menjadi cerita tersendiri di fase grup setelah menyapu bersih enam kemenangan dari enam laga melawan Sporting CP, Borussia Dortmund, dan Besiktas.

Ajax mencetak 20 gol di grup dan Sebastien Haller – bermain untuk pertama kalinya di kompetisi tersebut – secara luar biasa mencetak setengahnya, dan setidaknya sekali di setiap pertandingan.

Tim asuhan Erik Ten Hag memainkan sepak bola yang gemilang dan telah beregenerasi setelah perjalanan menakjubkan ke semifinal dua tahun lalu.

Di luar klub terkaya dan terkuat, Ajax adalah pesaing serius untuk melangkah jauh tahun ini.


6. Chelsea

Juara bertahan Liga Champions itu terlempar ke posisi kedua di fase grup, di belakang Juventus. Tetapi, sekali lagi akan berusaha membuat terobosan besar.

The Blues kurang diunggulkan daripada Manchester City dan Liverpool, tetapi Thomas Tuchel telah mencapai final dalam musim berturut-turut dengan dua klub berbeda (PSG dan Chelsea).

Untuk menjadi penantang utama musim ini, Romelu Lukaku kemungkinan harus menemukan kembali performa terbaiknya. The Blues juga harus mengembalikan rekor pertahanan luar biasa seperti di bulan-bulan pembukaan musim ini. 


5. Real Madrid

Meskipun menelan kekalahan mengejutkan di kandang dari juara Moldova FC Sheriff, Real Madrid bangkit dan menjadi juara grup dengan nyaman di depan Inter Milan.

Memenangkan 13 dari 17 pertandingan pembukaan La Liga, tim asuhan Carlo Ancelotti terbang bersama Vinicius Junior dan Karim Benzema yang membentuk duet mematikan.

Thibaut Courtois bisa dibilang kiper terbaik dunia, David Alaba dan Eder Militao berkembang pesat di pertahanan sementara trio lini tengah mereka Luka Modric, Toni Kroos dan Casemiro patut ditiru.

Dengan empat gelar Liga Champions dalam tujuh musim terakhir, Anda tidak akan pernah bisa menghitung Los Blancos keluar dari pacuan juara. 


4. Paris Saint-Germain

Paris Saint-Germain memiliki Lionel Messi, Neymar dan Kylian Mbappe – tetapi juri belum memutuskan apakah mereka memiliki tim yang berfungsi yang mampu memenangkan Liga Champions.

PSG akan berusaha mati-matian juara di Liga Champions, karena itu menjadi patokan kesuksesan mereka. Meskipun unggul jauh di klasemen Ligue 1, penampilan mereka belum meyakinkan. 

PSG mengandalkan hampir secara eksklusif pada penampilan individu di bulan-bulan pembukaan musim ini. Jika ingin juara Liga Champions, mereka harus tampil lebih kuat sebagai unit kolektif.


3. Manchester City

Manchester City masih menunggu mahkota pertama di Liga Champions setelah disingkirkan Chelsea di final musim lalu.

Kurangnya cover di pertahanan tengah dan tidak adanya striker kelas dunia dapat merugikan, tetapi City adalah mesin pemenang yang sangat terlatih.

Perlu tim khusus untuk menghentikan tim asuhan Pep Guardiola musim ini – tetapi kurangnya kesuksesan di Eropa akan terus menimbulkan keraguan apakah mereka adalah tim terbaik di dunia.


2. Liverpool

Jika Manchester City menikmati beberapa kesuksesan di Premier Legue atas Liverpool saat keduanya mendominasi liga – tiga gelar berbanding satu sejak 2018 – The Reds mempertahankan keunggulan di Eropa.

Liverpool merengkuh gelar Liga Champions pada 2019, setelah mencapai final tahun sebelumnya. Upaya mereka pada 2021 digagalkan banyak masalah pertahanan.

Tidak ada tim yang ingin bermain imbang dengan tim Jurgen Klopp dalam dua leg dan gaya permainan yang ganas membuat mereka menjadi penantang gelar utama.


1. Bayern Munchen

Juara Liga Champions 2020 itu tersingkir di perempat final musim lalu, saat beberapa pemain absen, termasuk Robert Lewandowski.

Bahkan kemudian, mereka kalah dari PSG karena gol tandang.  Enam kemenangan di penyisihan grup musim ini menunjukkan mereka telah kembali dan terlihat tangguh.

Tim paling berbahaya di luar klub Premier League saat ini, Bayern adalah mesin pemenang dan jelas menjadi favorit juara musim ini. 

Berita Olahraga