Liga Inggris: 3 Bintang Chelsea Masuk Daftar Belanja Barcelona, Borong Nih

Liga Inggris: 3 Bintang Chelsea Masuk Daftar Belanja Barcelona, Borong Nih

Barcelona dikabarkan membidik enam pemain untuk diboyong pada musim panas 2022, demi membangun skuad yang lebih kuat. Dari enam pemain yang masuk daftar beli, tiga di antaranya adalah bintang Chelsea

Barcelona telah terjerumus dalam krisis finansial selama setahun terakhir. Bahkan, Blaugrana kehilangan Lionel Messi karena tidak mampu mempertahankannya dan juga hanya bisa memboyong pemain gratisan pada musi panas 2021.

Presiden Barcelona, Joan Laporta, bersikeras akan berusaha memperkuat timnya pada Januari 2022 setelah tersingkir lebih awal dari Liga Champions. Barca terdepak di babak grup Liga Champions untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua dekade.

Namun, Barcelona terpaksa harus menjual pemain terlebih dahulu sebelum membeli. Pemain-pemain seperti Frenkie de Jong, Marc-Andre ter Stegen, Sergino Dest, Samuel Umtiti, dan Philippe Coutinho masuk daftar jual Barcelona. 

Laporta juga ingin melepas secara bertahap anggota skuad yang telah memasuki masa-masa menjelang pensiun seperti lama Sergio Busquets, Gerard Pique, dan Jordi Alba.

Bahkan, setelah cuci gudang pemain, strategi Barcelona tetap mendatangkan pemain gratisan. Menurut Sportmole, Minggu (12/12/2021), Barcelona telah mengidentifikasi enam pemain yang bisa bergabung secara gratis dalam waktu dekat, termasuk para pemain Chelsea


Daftar Bidikan Barcelona

Di antara enam pemain yang masuk daftar beli Barcelona adalah trio pertahanan, yaitu Chelsea Antonio Rudiger, Andreas Christensen dan Cesar Azpilicueta. Perekrutan Rudiger dianggap paling tidak mungkin karena tawaran menggiurkan yang diperkirakan akan diterimanya dari klub lain.

Mantan pemain muda Barca Andre Onana adalah pemain lain di radar mereka untuk menggantikan Ter Stegen di penjaga gawang, sementara pemain Manchester United Anthony Martial juga masuk dalam daftar setelah pengakuannya ingin meninggalkan Old Trafford.

Martial bisa diboyong dengan kesepakatan pinjaman awal dengan kewajiban untuk membeli, meskipun harga yang diminta Manchester United untuk pemain Prancis itu bisa membuatnya berada di luar jangkauan Barcelona.

Barca juga dianggap mempertimbangkan untuk merekrut gelandang Real Sociedad dan mantan pemain Manchester United Adnan Januzaj, yang merupakan pemain lain yang kontraknya akan habis musim panas mendatang.


Penyebab Krisis Barcelona

Badai krisis belum berlalu dari markas Barcelona. Yang terbaru, Blaugrana terpaksa angkat kaki terlalu dini dari Liga Champions dan terlempar ke Liga Europa setelah keok 0-3 dari Bayern Munchen tengah pekan lalu. 

Bagi Barcelona, situasi tersebut benar-benar aib. Ini kali pertama dalam 21 tahun tersingkir di fase grup Liga Champions. 

Barcelona juga masih tertatih-tatih di Liga Spanyol. Skuad Xavi Hernandez tercecer di peringkat kedelapan klasemen sementara, defisit 16 poin dari sang pemuncak, Real Madrid. 

Xavi mengakui biang kerok di balik krisis Barcelona bukan hanya urusan taktik dan kinerja di lapangan. Dia menyebut skuadnya menghadapi krisis psikologi. 

“Ini isu psikologi, ketimbang faktor di dalam sepak bola. Para pemain harus yakin dan itu tugas saya,” kata Xavi, pada sesi konferensi pers, seperti dikutip Ibtimes, Minggu (12/12/2021). 

“Kami harus mendorong mereka untuk tertantang dan berani,” imbuh Xavi Hernandez.

Barcelona masih punya harapan merebut trofi pada musim ini, karena musim masih panjang. Mereka masih bertarung di Liga Europa, Copa del Rey, dan La Liga. Xavi melecut para pemain Barcelona untuk memberikan yang terbaik hingga akhir musim. 

“Di Barcelona, tak ada gunanya bermain 6/10 atau 7/10. Anda harus bisa bermain dengan luar biasa,” tegas Xavi. 

Berita Olahraga