Karena Ulah Sendiri, Timnas Jerman Tersingkir dari Piala Eropa 2020

Karena Ulah Sendiri, Timnas Jerman Tersingkir dari Piala Eropa 2020

LONDON – Tim Nasional (Timnas) Jerman tersingkir dari Piala Eropa 2020. Sebab, Der Panzer -julukan Timnas Jerman- kalah 0-2 dari Inggris di 16 besar.

Kekalahan itu adalah buah dari permainan buruk dan kegagalan Timnas Jerman dalam memanfaatkan peluang, menurut Manuel Neuer. Kiper sekaligus kapten Timnas Jerman itu menyatakan Der Panzer tidak bisa melukai Inggris seperti rencana awal.

Bermain di Stadion Wembley, London, Inggris, Selasa 29 Juni 2021, Timnas Jerman tampil bagus pada awal pertandingan. Neuer dkk mendominasi penguasaan bola dan tidak membiarkan Inggris mengembangkan permainan.

Namun, Inggris mampu keluar dari tekanan Timnas Jerman sehingga pertandingan pun berjalan lebih ketat. Jual beli serangan terjadi sepanjang pertandingan.

Timnas Jerman mencatatkan sembilan percobaan dengan tiga di antaranya tepat sasaran. Tiga tembakan tepat sasaran itu didapatkan Timo Werner (satu) dan Thomas Muller (dua) pada babak kedua.

Peluang terbaik Timnas Jerman datang dari kaki Muller beberapa menit setelah Inggris unggul 1-0 melalui gol Raheem Sterling (75’). Hanya tinggal menaklukkan Jordan Pickford, sepakan Muller justru melebar tipis dari gawang Inggris.

Kegagalan itu dihukum dengan gol kedua Inggris yang dibuat oleh Harry Kane (85’). Alhasil, Timnas Jerman pun tersingkir dari Piala Eropa 2020.

“Kami memiliki peluang besar untuk melewati tim yang kuat. Kami gagal memanfaatkan peluang ini dan sangat kecewa,” kata Neuer, dikutip dari laman resmi UEFA, Rabu (30/6/2021).

“Sulit bagi penyerang kami untuk membuat sesuatu bekerja dengan bola panjang yang kami kirimkan ke depan. operan diagonal juga tidak berhasil, jadi kami tidak bisa melukai Inggris sebanyak yang kami inginkan,” tuturnya.

Gugurnya Timnas Jerman membuat tidak ada lagi wakil Grup F, yang disebut grup neraka, di Piala Eropa 2020. Sebelumnya, Portugal dan Prancis lebih dulu angkat koper.

Berita Olahraga