Gagal di Piala AFF 2020, Tan Cheng Hoe Mundur dari Posisi Pelatih Timnas Malaysia

Gagal di Piala AFF 2020, Tan Cheng Hoe Mundur dari Posisi Pelatih Timnas Malaysia

Tan Cheng Hoe dipastikan tidak lagi menjadi pelatih Timnas Malaysia. Usai gagal pada ajang Piala AFF 2020, pelatih berusia 53 tahun itu memilih untuk mundur dari jabatannya.

Malaysia meraih hasil buruk di Piala AFF 2020. Masuk dalam daftar unggulan, Harimau Malaya justru gagal lolos dai fase grup. Malaysia kalah bersaing dengan Timnas Indonesia dan Vietnam di Grup B.

Pada laga fase grup, Malaysia meraih dua hasil yang sangat buruk. Pertama, kalah dengan skor 3-0 dari Vietnam. Setelah itu, Safawi Rasyid dan kolega menelan kekalahan dengan skor 4-1 pada laga terakhir Grup B.

Kekalahan telak lawan Indonesia sekaligus menjadi laga terakhir Tan Cheng Hoe sebagai pelatih Malaysia. Simak pernyataan resmi pengunduran diri Tan Cheng Hoe di bawah ini ya Bolaneters.

Mundur Karena Gagal di Piala AFF

FAM (Federasi Sepak Bola Malaysia) mengkonfirmasi pengunduran diri Tan Cheng Hoe dari posisi pelatih. Lewat siaran resminya, FAM menyebut keputusan Tan Cheng Hoe tidak lepas dari hasil buruk di Piala AFF 2020 lalu.

“Cheng Hoe sempat berdiskusi dengan manajemen FAM dan mengungkapkan niatnya menyusul kegagalan skuatnya melaju ke semifinal AFF Suzuki Cup 2020 di Singapura, baru-baru ini,” tulis situs resmi FAM.

Nasib Tan Cheng Hoe memang tidak pasti usai gagal di Piala AFF 2020. Walau ada banyak dukungan untuknya, sekaligus menyalahkan persiapan tim yang mepet, pada akhirnya Cheng Hoe memilih mundur.

Cheng Hoe menjadi pelatih kedua yang mundur dari posisinya usai gagal di Piala AFF 2020. Sebelumnya, ada pelatih Timnas Singapura, Tatsuma Yoshida, yang mundur usai kalah dari Indonesia di Piala AFF 2020.

Pengabdian Selama 14 Tahun!

Tan Cheng Hoe menjadi pelatih Timnas Malaysia pada level senior mulai Januari 2018. Pada Piala AFF 2018, Cheng Hoe sukses membawa Malaysia ke final. Tapi, mereka dikalahkan Vietnam dan gagal juara.

Cheng Hoe sendiri sudah bekerja untuk FAM selama 14 tahun. Sebelum melatih tim senior, Cheng Hoe pernah menjadi asisten pelatih Malaysia U-20 dan menjadi asisten pelatih Timnas senior.

Sebagai asisten pelatih, Cheng Hoe ikut memberikan medali emas SEA Games 2009 dan juara Piala AFF 2010 pada Malaysia. ” Jasa dan kontribusinya akan selalu dikenang. Terima kasih. Semoga sukses untuk Cheng Hoe dalam melanjutkan karir kepelatihannya setelah ini,” tulis FAM.

Sumber: FAM

Uncategorized