Deretan Mesin Gol Timnas Indonesia dan Thailand di 10 Besar Top Scorer Sepanjang Masa Piala AFF

Deretan Mesin Gol Timnas Indonesia dan Thailand di 10 Besar Top Scorer Sepanjang Masa Piala AFF

Keberhasilan Timnas Indonesia dan Thailand melangkah ke final Piala AFF 2020 membawa begitu banyak cerita dari masa lalu. Kedua tim ini pernah bertemu tiga kali di laga final dan memiliki barisan mesin gol hebat yang mencatatkan namanya dalam sejarah di Piala AFF.

Timnas Indonesia dan Thailand menempatkan beberapa legendanya dalam daftar top scorer sepanjang masa Piala AFF. Tentu ini menjadi cerita unik jelang final Piala AFF 2020 yang akan digelar hari ini, Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/12/2022), di mana keduanya digelar di National Stadium, Kallang.

Dalam daftar 10 besar top scorer sepanjang masa Piala AFF, ada empat pemain Thailand. Teerasil Dangda, Worrawoot Srimaka, Kiatisuk Senamuang, dan Adisak Kraisorn, adalah legenda-legenda Thailand yang menjadi mesin gol di Piala AFF.

Sementara untuk Timnas Indonesia, ada dua pemain yang berada di daftar 10 besar top scorer sepanjang masa Piala AFF, yaitu Kurniawan Dwi Yulianto dan Bambang Pamungkas.

Berikut ulasan pencetka gol sepanjang masa yang dimiliki Timnas Indonesia dan Thailand di Piala AFF:


Teerasil Dangda – 19 Gol

Teerasil Dangda adalah pemuncak daftar top scorer sepanjang masa Piala AFF. Rekor itu dipastikan oleh striker Thailand ini pada edisi 2020, ketika mencetak gol ke gawang Filipina pada babak penyisihan Grup A.

Gol itu membuatnya kukuh di puncak top scorer dengan 19 gol. Ia menyalip pemegang rekor sebelumnya, yaitu Noh Alam Shah dari Singapura dengan 17 gol.

Teerasil Dangda pernah menjadi top scorer di Piala AFF 2008 dengan mencetak empat gol. Kemudian pencetak gol terbanyak saat edisi 2012 dengan lima gol, dan 2016 mengoleksi enam gol.


Worrawoot Srimaka – 15 Gol

Sosok yang sekarang menjadi pelatih Timnas Thailand U-23 ini mengoleksi 15 gol di Piala AFF. Ia aktif di Timnas Thailand dari 1991 sampai 2002.

Posisi bermainnya adalah striker dengan tinggi yang menjulang sampai 194 sentimeter. Catatan 15 gol yang dimilikinya di Piala AFF sama dengan koleksi legenda Vietnam, Le Cong Vinh.

Worrawoot Srimaka pernah menjadi pencetak gol terbanyak Piala AFF edisi 2000 dengan catatan lima gol. Jumlah itu sama dengan milik bomber Timnas Indonesia ketika itu, Gendut Doni Christiawan.


Kurniawan Dwi Yulianto – 13 Gol

Ada 13 gol diciptakan Kurniawan Dwi Yulianto di Piala AFF. Catatan itu menjadi yang terbanyak di antara para pemain Timnas Indonesia dalam ajang ini sampai sekarang.

Kurniawan Dwi Yulianto merupakan pemain yang disegani pada masanya. Namanya kondang di Asia Tenggara sebagai striker maut. Dalam daftar top scorer sepanjang masa Piala AFF, striker yang kerap disapa Si Kurus itu menempati posisi keenam.


Bambang Pamungkas – 12 Gol

Posisinya persis di bawah Kurniawan Dwi Yulianto yang merupakan idolanya. Dalam daftar top scorer sepanjang masa Piala AFF, pemain yang akrab disapa Bepe ini ada di peringkat ketujuh dengan catatan 12 gol.

Bepe juga pernah menjadi top skor di Piala AFF. Momen itu terjadi saat Piala AFF 2008. Ketika itu, torehan gol Bepe dalam satu turnamen sebanyak delapan gol.

Prestasi terbaiknya di Piala AFF adalah membawa Timnas Indonesia menjadi runner-up, yang jumlahnya sampai tiga kali, yaitu 2000, 2002, dan 2010.


Kiatisuk Senamuang – 12 Gol

Bepe tidak sendiri di posisi itu. Ada nama lainnya yaitu Kiatisuk Senamuang, striker legendaris dari Thailand yang juga tercatat memiliki 12 gol di sepanjang Piala AFF.

Lima gol di antara 12 gol yang dicetak Kiatisuk di Piala AFF dicetaknya pada edisi pertama, atau Piala Tiger 1996. Kemudian ia mencetak empat gol di Piala Tiger 2000, dan tiga gol lainnya dicetak berupa hattrick ke gawang Laos pada Piala Tiger 2002.


Adisak Kraisorn – 10 Gol

Dalam posisi 10 pencetak gol terbanyak sepanjang masa Piala AFF, masih ada satu lagi pemain Thailand, Adisak Kraisorn. Jumlah golnya di Piala AFF mencapai 10 gol.

Ia mencetak dua gol di Piala AFF 2014. Setelah absen di Piala AFF 2016, Adisak Kraisorn mencetak 8 gol di Piala AFF 2018 yang membuatnya menjadi top scorer pada edisi tersebut.

Bersamaan dengannya juga ada Khairul Amri, sosok dari Singapura. Bila konsisten dipanggil terus ke Piala AFF, Adisak Kraisorn bisa terus menambah pundi-pundi gol untuk mengejar rekor yang sekarang dipegang Teerasil Dangda.

Berita Olahraga