Catatan Pekan ke-12 BRI Liga 1 2021: Papan Atas Memanas Setelah Bhayangkara dan Persib Kompak Kalah

Catatan Pekan ke-12 BRI Liga 1 2021: Papan Atas Memanas Setelah Bhayangkara dan Persib Kompak Kalah

arenasportsid   Kejutan muncul pada pekan 12 BRI Liga 1. Dua tim teratas Bhayangkara FC dan Persib Bandung menelan kekalahan.

Kedua tim memang masih berada di puncak dan runner-up klasemen. Namun jarak poin mereka dengan Arema FC di posisi ketiga mulai terpangkas.

Bhayangkara secara mengejutkan kalah dari tim papan tengah, Persita Tangerang 1-2. Padahal mereka baru saja memetik 4 kemenangan beruntun. Ini merupakan kekalahan kedua Bhayangkara.

Pertama, mereka kalah dari saingannya di papan atas Persib Bandung dua gol tanpa balas pada pekan ke-7. Meski demikian, Bhayangkara masih ada di puncak klasemen dengan 28 poin.

Sedangkan Persib Bandung, kalah tipis 0-1 melawan Persija Jakarta. Mereka tak sanggup membalas gol yang dicetak striker Persija, Marko Simic. Padahal dari segi materi pemain, Persib masih unggul tenaga asing.

Dua pemain naturalisasi dan empat pemain asingnya turun sejak menit awal. Estaban Vizcarra, Mark Klok, Geoffrey Castillion, Wander Luiz, Mohammed Rashid dan Nick Kuipers. Tapi, justru Persija yang menguasai permainan.

Bhayangkara FC Tetap di Puncak

Kekalahan ini membuat mereka melewatkan kesempatan menyamai poin Bhayangkara FC. Yang lebih menyakitkan, Persija yang mengakhiri rekor 11 laga tanpa kekalahan milik Persib musim ini. Jadi, Persib masih berada di posisi runner up dengan 25 poin.

Arema FC dan Bali United yang paling bahagia dengan kekalahan dua tim teratas. Mereka berhasil memangkas jarak poin yang cukup banyak. Arema di posisi ketiga dengan 23 poin, sedangkan Bali U

Pekan ini, Arema menang 3-2 dari Persik. Sedangkan Bali United unggul 2-1 atas Persela Lamongan. Mereka hanya berjarak 2-3 poin dari Persib yang ada di posisi kedua. Jadi, ada peluang naik peringkat jika menang di pekan 13, sementara tim dia atas mereka menelan kekalahan.

Ini membuat persaingan di papan atas memanas di pekan 13. Pastinya empat tim yang bersaing berpeluang saling menggeser posisi. Hal yang tidak terjadi dalam beberapa pekan terakhir.

Klub Besar di Zona Merah

Sedangkan di zona degradasi, ada perubahan. Persik Kediri yang baru dikalahkan Arema terseret ke zona merah. Mereka ada di posisi 16 dengan 10 poin. Sedangkan dua tim terbawah masih ditempati Persipura Jayapura dan Persiraja Banda Aceh yang sama-sama mengantongi 5 poin.

Kedepan persaingan di papan bawah sepertinya lebih panas. Karena ada tim besar yang mulai terseret ke sana. Yakni Madura United. Pekan ini mereka takluk dari Persebaya Surabaya.

Sedangkan Barito Putera yang perlahan mulai memperbaiki posisinya karena selalu dapat poin dalam 4 laga terakhir. Itu membuatnya naik ke urutan 12 dengan 12 poin.

Sedangkan Persipura, baru saja mendepak pelatihnya, Jacksen Tiago. Manajemen berharap penyegaran di tim kepelatihan membuat mereka bangkit. Karena papan bawah dianggap bukan tempat mereka.

Tentu butuh beberapa pekan untuk lepas dari zona degradasi. Persipura terpaut enam angka dari Madura United yang posisinya satu tingkat diatas zona merah. 

Intip Posisi Tim Favoritmu

Berita Olahraga