Allegri Pilih Ronaldo atau Dybala Jadi Eksekutor Juventus?

Allegri Pilih Ronaldo atau Dybala Jadi Eksekutor Juventus?

Turin – Tendangan bebas Cristiano Ronaldo tak bertaji di Juventus. Akankah Massimiliano Allegri bakal lebih mempercayai Paulo Dybala sebagai eksekusi utama?

Massimiliano Allegri kembali menukangi Juventus mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Andrea Pirlo yang dipecat akhir musim lalu. Allegri sebelumnya pernah melatih Juventus pada rentang 2014-2019. Ia mampu membawa Juventus mendominasi Serie A dengan meraih lima Scudetto secara beruntun.

Kini, Allegri punya tugas berat untuk membangkitkan Juventus. Bianconeri bersama Pirlo musim lalu hanya mampu finis di peringkat keempat Serie A.

Juventus melempem musim lalu karena tampik kurang produktif di depan gawang lawan. Mereka hanya mampu mengemas 77 gol di Serie A musim lalu.

Dari tim yang finis lima besar, hanya Milan yang punya torehan gol lebih buruk dari Juventus dengan 74 gol. Jumlah gol Juventus terpaut jauh dengan Inter Milan (89 gol), Atalanta (90 gol), Napoli (86 gol).

Salah satu faktor yang membuat kurang suburnya Juventus adalah ketidakmampuan mereka mengoptimalkan situasi tendangan bebas. Hal ini tak lepas dari buruknya kemampuan eksekusi Cristiano Ronaldo sebagai penendang bebas utama Juventus.

Ronaldo hanya mampu mencetak satu gol dari tendangan bebas sejak bergabung ke Juventus pada 2018 silam. Si Nyonya Tua sebenarnya memiliki Paulo Dybala yang juga cukup baik dalam mengeksekusi tendangan bebas (11 gol dari direct free kick untuk Juventus). Namun sejak Ronaldo datang, ia tak banyak mendapatkan jatah bola mati.

Terkait hal ini, Allegri menegaskan bahwa Ronaldo dan Dybala bakal bergantian menjadi eksekutor tendangan bebas Juventus. Meski demikian, mantan pelatih AC Milan ini tak menutup kemungkinan untuk mendatangkan eksekutor anyar terutama yang berkaki kanan seperti Ronaldo.

“Tergantung situasinya, mungkin Ronaldo bisa melakukan tendangan bebas jarak jauh. Namun, ini pilihan yang mudah karena yang satu menggunakan kaki kanan dan yang lainnya menggunakan kaki kiri,” ujar Allegri dikutip dari Football Italia.

“Lalu, kita akan melihat apakah pengambil tendangan bebas kaki kanan lainnya datang…”

Pernyataan Allegri soal penendang bebas baru turut memunculkan spekulasi bawah Juventus bakal memulangkan Miralem Pjanic dari Barcelona. Pjanic merupakan salah satu eksekutor utama Juventus di periode pertama Allegri tim asal Turin tersebut.

Berita Olahraga