5 Wakil Indonesia di Cabor Angkat Besi Olimpiade Tokyo

5 Wakil Indonesia di Cabor Angkat Besi Olimpiade Tokyo

arenasportsid – International Weightlifting Federation (IWF) secara resmi mengumumkan lifter-lifter yang lolos ke Olimpiade Tokyo 2020. Indonesia meloloskan lima wakilnya. Siapa saja?

Pengumuman itu disampaikan secara resmi pada Jumat (11/6/2021). Di kategori putri, Merah-Putih meloloskan Windy Cantika Aisah di kelas 49 kg. Dia menempati peringkat lima race to Tokyo, dan Nurul Akmal di kelas +87 kg. Nurul masuk dalam peringkat 6 besar kualifikasi.

Pada kategori putra, Indonesia meloloskan Eko Yuli Irawan yang berada di ranking dua kelas 61 kg, sedangkan Deni masuk delapan besar kelas 67 kg. Menyusul Rahmat Erwin Abdullah yang lolos dari jalur kontinental. Ia menempati peringkat 11 di kelas 73 kg.

Kepala bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI), Hadi Wihardja, mengapresiasi kelolosan para atlet angkat besi. Terlebih di tengah keterbatasan pandemi COVID-19.

“Khusus Erwin, merupakan proses yang sangat mendebarkan mengingat pada periode awal Prakualifikasi di April 2019 masih berjuang untuk masuk 13 besar (8 ranking dunia dan 5 dipilih dari wakil kontinental),” kata Hadi dalam keterangan tertulisnya.

“Setelah 6 juni 2021, federasi dunia terus menyesuaikan poin tiap lifter, dan akhirnya Rahmat berhasil masuk. Ia juga merupakan wakil Asia Bersama China, Jepang, Korea untuk Olympic Games ini,” sambungnya.

Begitu juga dengan perjuangan Nurul Akmal yang akhirnya masuk 6 besar dunia, dari sebelumnya ia hanya bertengger di 14 dunia sepanjang 2020.

“Nurul lebih hebat lagi karena perjuangan melewati 5 negara kuat, seperti Ukraina, Ecuador karena kasus penyesuaian lifternya, lalu Samoa kasus federasi Oceania, sedangkan Korea sudah memiliki satu wakil dan Korea Utara tidak ikut,” ujar Hadi.

Keberhasilan angkat besi sekaligus menambah wakil-wakil Indonesia yang sebelumnya telah mengantongi tiket di multievent Olimpiade Tokyo yang berlangsung 23 Juli-8 Agustus 2021.

Mereka ialah tujuh wakil dari cabang bulutangkis, kemudian satu dari atletik, dua dari cabang panahan, satu wakil menembak, satu surfing, serta dayung.

Berita Olahraga