5 Klub Sepakbola Paling Kaya di Dunia, Nomor 1 Raup Rp12 Triliun Setahun

5 Klub Sepakbola Paling Kaya di Dunia, Nomor 1 Raup Rp12 Triliun Setahun

KLUB sepakbola paling kaya dirilis Deloitte Football Money League, sebuah website yang biasa menganalisis sumber pemasukan klub dalam jangka waktu tertentu. Baru-baru ini, Deloitte Football Money League merilis klub paling kaya, alias klub dengan pemasukan paling besar di sepanjang musim 2020-2021.

Klub-klub tradisional masih berada dalam daftar ini. Lantas, siapa saja klub sepakbola yang dimaksud?

Berikut 5 klub sepakbola paling kaya:

5. Liverpool (558 Juta Euro – Rp9,8 Triliun)

Liverpool sudah menemukan jati dirinya kembali. Tepatnya setelah kedatangan pelatih asal Jerman, Jurgen Klopp. Klub berjuluk The Reds tersebut mengalami peningkatan signifikan sejak dilatih nakhoda asal Jerman itu. Di tangan mantan pelatih Borussia Dortmund itu, klub Merseyside sukses menjuarai Liga Champions dan Liga Inggris.

Atas prestasinya tersebut, Liverpool mendapatkan beberapa keuntungan dari pihak sponsor dan juga hak siar. Total The Reds memiliki revenue mencapai 558 juta euro (Rp9,8 triliun).4.

4. Manchester United (580 Juta Euro – Rp9,9 Triliun)

Manchester United mengalami peningkatan signifikan belakangan ini. The Red Devils menempati posisi kedua klasemen Liga Inggris 2020-2021. Posisi itu menempatkan pasukan Ole Gunnar Solskjaer akan tampil di Liga Champions musim depan.

Walaupun belum meraih trofi dalam tiga tahun terakhir, Manchester United tetap menjadi klub yang mendapatkan pemasukan besar tiap tahunnya. Pada 2020-2021, mereka meraih pemasukan sebesar 580 juta euro (Rp9,9 triliun).

3. Bayern Munich (634 Juta Euro – Rp10,8 Triliun)

Di Liga Jerman, Bayern Munich menjadi klub yang sulit dibendung. Bagaimana tidak, semua pemain bintang mereka miliki di dalam skuad. Hasilnya, Die Roten bisa menjuarai Liga Jerman dalam sembilan musim terakhir.

Jadi, wajar jika pemasukan Bayern Munich juga menjulang tinggi dari sponsor dan hak siar televisi. Total, mereka meraih pemasukan sebesar 634 juta euro (Rp10,8 triliun) pada 2020-2021.

2. Real Madrid (691 Juta Euro – Rp11, 8 Triliun)

Klub yang berada di Ibu kota Spanyol ini memang mempunyai daya tarik tersendiri. Sebab, Real Madrid selalu mampu menghadirkan deretan pemain top papan atas dunia, seperti Zinedine Zidane, Cristiano Ronaldo, Ricardo Kaka, Gareth Bale, dan Luis Figo.

Pembelian pemain tersebut bukan hanya berimbas kepada pamor klub, tapi juga prestasi. Kondisi itu membuat El Real tercatat sebagai salah satu klub sepak bola terkaya di dunia. Mereka mendapatkan pemasukan sebesar 691 juta euro (Rp11,8 triliun) pada musim lalu.

1. Barcelona (715 Juta Euro – Rp12,2 Triliun)

Pandemi Covid-19 membuat Barcelona harus berhemat dalam urusan belanja pemain pada musim panas 2021. Padahal, mereka gagal meraih mahkota Liga Spanyol 2020-2021.

Meski begitu, dari segi pemasukan, klub Katalan itu malah tercatat sebagai yang terkaya di dunia pada musim 2020-2021. Blaugrana menghasilkan pendapatan sebesar 715 juta euro (Rp12,2 triliun).

Sekarang tugas Barcelona adalah meyakinkan Lionel Messi untuk Kembali bergabung bersama mereka. Sekadar informasi, per 30 Juni 2021, Lionel Messi berstatus pengangguran karena kontraknya bersama Barcelona berakhir.

Berita Olahraga