5 Kapten Tim Sepakbola Terhebat Sepanjang Sejarah, Ada yang Mampu Bangkit dari Insiden Mengerikan

5 Kapten Tim Sepakbola Terhebat Sepanjang Sejarah, Ada yang Mampu Bangkit dari Insiden Mengerikan

PERAN kapten di sebuah klub sepakbola memang benar-benar krusial. Pasalnya, para pemain yang diberikan tanggung jawab sebagai kapten menjaga motivasi para rekan-rekannya serta meringangkan tugas pelatih dalam mengatur strategi dalam sebuah pertandingan.

Sepanjang sejarah sepakbola, memang sudah tidak terhitung beberapa pemain yang pernah menjabat sebagai kapten tim. Akan tetapi dari begitu banyak, setidaknya terdapat lima sosok kapten klub yang layak dinobatkan sebagai yang terbaik dalam sejarah sepakbola.

Berikut lima kapten tim sepakbola terbaik dalam sejarah sepakbola:

5. Carles Puyol (Barcelona)

Nama Carles Puyol memang sangat melekat pada Barcelona. Terlebih Puyol adalah satu dari sedikit pemain yang hanya membela satu klub sepanjang karier profesionalnya. Ya, Puyol menghabiskan 27 tahun karier sepakbolanya bersama klub yang bermarkas di Estadio Camp Nou tersebut.

Puyol juga menjadi salah satu kapten tersukses di Barca. Bagimana tidak selama berkarier di Barca, Puyol berhasil mempersembahkan 18 gelar juara bergenggsi untuk skuad Blaugrana –julukan Barca.

4. Sir Bobby Charlton (Manchester United)

Bobby Charlton merupakan salah satu pesepakbola terbaik yang pernah menghiasi sepakbola Inggris dan Manchester United. Meski Charlton sempat hampir ingin tak melanjutkan karier sepakbolanya, karena trauma menjadi korban tragedi Munich pada 1958.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, Charlton mampu bangkit dari traumanya dan menjadi pesepakbola yang disegani. Bahkan Charlton sempat ditunjuk jadi kapten Man United, dengan sempat menghadirkan sejumlah gelar prestisius untuk skuad Setan Merah –julukan Man United.

3. Johan Cruyff (Barcelona)

Barcelona memang benar-benar beruntung sempat memiliki sosok seperti Johann Cruyff sebagai pemain mereka. Pasalnya, Cruyff memang bisa dikatakan sebagai salah satu pesepakbola paling cerdas sepanjang sejarah.

Tidak hanya itu, Cruyff juga dinilai sebagai sosok pemimpin paling ideal kala menjabat sebagai kapten Barca. Meski sepanjang kariernya, Cruyff memang hanya mempersembahkan dua gelar saja untuk Barca, yakni Liga Spanyol 1973-9174 dan Copa del Rey 1977-1978.

2. Roy Keane (Manchester United)

Hampir tidak ada sosok kapten yang sangat dihormati dan ditakuti oleh para pemain Manchester United selain Roy Keane. Ya, Keane memang terkenal sebagai sosok pemimpin sejati yang selalu menjadikan kesuksesan klub di atas segalanya.

Keane sendiri bisa dibilang memiliki kemampuan sepakbola yang rata-rata, namun keunggulan yang dimilikinya adalah kekuatan mental. Maka dari itu, Keane pun cukup lama dipercaya menjabat sebagai kapten dan menjadikan Man United sebagai klub paling disegani di Eropa saat itu.

1. Franz Beckenbauer (Bayern Munich)

Franz Beckenbauer merupakan salah satu pemain terhebat dalam sejarah sepakbola dunia. Dia bisa dibilang pemimpin terbesar dalam permainan, memenangkan setiap gelar utama sebagai kapten tim nasional (Timnas) Jerman Barat dan Bayern Munich.

Beckenbauer memimpin Bayern meraih tiga gelar Liga Jerman berturut-turut antara 1972 hingga 1974, dan tiga titel Piala Eropa berturut-turut antara 1974 sampai 1976. Ia juga dapat dikreditkan sebagai pelopor Sweeper, di mana Beckenbauer memposisikan dirinya di depan bek tengah untuk menahan serangan lawan.

Berita Olahraga