4 Pemain Timnas Indonesia Ini Layak Berkiprah di Eropa, Siapa Saja Mereka?

4 Pemain Timnas Indonesia Ini Layak Berkiprah di Eropa, Siapa Saja Mereka?

Timnas Indonesia cuma bisa menjadi runner-up di pagelaran Piala AFF 2020 lalu. Pasukan Shin Tae-yong berhasil mencapai babak final namun gagal mengungguli Thailand.

Memang hanya runner-up, tapi performa Timnas Indonesia tetap menuat decak kagum. Salah satunya karena begitu banyak pemain muda menjadi andalan Shin Tae-yong dan tampil bersinar.

Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 sudah diperkuat beberapa pemain yang merumput di luar negeri. Seperti Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman sampai Egy Maulana Vikri.

Kini setelah penampilan cemerlang, setidaknya ada empat nama yang punya peluang mengekor rekam jejak Witan Sulaeman dan kawan-kawan.

Siapa saja mereka? Yuk scroll ke bawah untuk melihatnya.

Pratama Arhan

Bek kiri satu ini bermain fantastis di Piala AFF 2020. Dia mampu membawa Timnas Indonesia menjadi runner-up. Dalam lima pertandingan Piala AFF, Arhan mampu menorehkan dua gol dan satu assist. Pemain kelahiran 21 Desember 2001 itu juga menyabet gelar pemain terbaik turnamen.

Pratama Arhan dikabarkan dilirik oleh sejumlah klub Korea Selatan, termasuk Daejeon Hana Citizen. Isu ini juga telah dikonfirmasi oleh media Negeri Ginseng, Footballist.

Pemain berusia 19 tahun itu merespons rumor ketertarikan klub Korea Selatan. Bek Timnas Indonesia itu terang-terangan berminat bermain di luar negeri. Pratama Arhan menyerahkan segala sesuatunya kepada agennya, Dusan Bogdanovic.

Pemain PSIS Semarang itu tinggal menunggu kepastiannya seperti apa. Media Korea Selatan, Footballist melaporkan bahwa Pratama Arhan menjadi buruan sejumlah klub K League berkat penampilan sensasionalnya bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Ricky Kambuaya

Gelandang asal Papua ini juga dirumorkan sedang diincar klub luar negeri. Bedanya, Persebaya Surabaya yang merupakan klub pemilik Ricky Kambuaya justru merelakan bila ada tawaran dari negeri lain.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, rupanya malah memberi dukungan jika dua pemainnya itu memang direkrut oleh klub luar negeri. Sebab, ini menjadi kesempatan buat mereka untuk mengembangkan kemampuan di negara baru.

Nama Ricky Kambuaya kini menjadi perbincangan setelah tampil apik selama tahun 2021. Setelah menjelma sebagai andalan Persebaya, pemain asal Papua ini mampu menjadi tumpuan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Perannya di lini tengah Timnas Indonesia selama gelaran Piala AFF 2020 sangatlah vital. Bahkan pemain berusia 25 tahun ini dua kali mendapat penghargaan pemain terbaik pertandingan turnamen tersebut.

Masing-masing terjadi saat dirinya membantu Timnas Indonesia menang 4-2 atas Kamboja dan bermain imbang 2-2 kontra Thailand dalam leg kedua partai final.

Selama Piala AFF 2020, Ricky Kambuaya mengoleksi satu gol yang dilesakkan ke gawang Thailand di final leg kedua dan satu assist saat melawan Kamboja.

Bedanya, tidak jelas ada nama klub dan dari negara asal mana yang dirumorkan meminati Ricky Kambuaya saat ini.

Ramai Rumakiek

Ramai Rumakiek merupakan pemain penting di skuad Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020. Meskipun bukan pemain inti, namun perannya tak bisa dipisahkan.

Ramai Rumakiek tercatat tampil sebanyak tujuh kali dan mencetak satu gol di Piala AFF 2020. Gelandang berusia 19 tahun itu bisa jadi andalan di Timnas Indonesia U-23.

Ramai Rumakiek merupakan pemain yang punya kelincahan dan kecepatan berlari. Selain menjadi motor serangan, kemampuan Ramai juga dinantikan untuk memecah kebuntuan di lini depan.

Dengan usia masih sangat muda, tentunya sebuah pengalaman berharga buat sang pemain jika berkiprah di luar negeri.

Alfeandra Dewangga

Alfeandra Dewangga tak tergantikan di lini belakang Timnas Indonesia pada Piala AFF 2020. Pemain berusia 20 tahun itu mencatatkan delapan pertandingan.

Alfeandra Dewangga juga turut menyumbangkan satu assist. Pemain PSIS Semarang itu memiliki kemampuan mumpuni dalam melakukan penyelamatan di lini pertahanan.

Alfeandra Dewangga tercatat memiliki rataan intercept sebanyak 5,38 dan 0,75 rataan tekel dalam delapan pertandingan di Piala AFF 2020. Itulah yang bisa jadi pertimbangan jasanya dibutuhkan di lini belakang Timnas Indonesia U-23.

Seperti Rumakiek, tentu sangat bagus buat pemain muda seperti Dewangga jika mendapat kesempatan mengasah dan meningkatkan skill di luar negeri.

Disadur dari: Bola.com (Hendry Wibowo)

Diunggah pada: 10 Januari 2022

Berita Olahraga