4 Fakta Menarik Saat Timnas Indonesia Takluk dari Thailand di Leg Pertama Final Piala AFF 2020

4 Fakta Menarik Saat Timnas Indonesia Takluk dari Thailand di Leg Pertama Final Piala AFF 2020

Sejumlah fakta menarik tersaji dalam pertandingan Timnas Indonesia versus Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020. Laga yang berlangsung di National Stadium, Kallang, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB itu, berakhir dengan skor 4-0 untuk kemenangan skuad Gajah Perang.

Kemenangan telak itu membuat Thailand begitu dekat dengan gelar juara yang baru akan ditentukan pada leg kedua final Piala AFF 2020 yang dijadwalkan digelar Sabtu (1/1/2022). Sebab dengan unggul agregat 4-0, Timnas Indonesia bakal sulit mengejarnya.

Namun, pertandingan tetap belum selesai. Pada leg kedua final nanti, apapun bisa terjadi, termasuk kemungkinan Timnas Indonesia membalikkan keadaan.

Ada beberapa fakta yang menarik dan terjadi dalam pertandingan leg pertama final Piala AFF 2020 ini, mulai dari rekor hingga statistik Timnas Indonesia yang begitu timpang dari Thailand.

Berikut fakta menarik yang diambil berdasarkan pengamatan dan statistik pertandingan Timnas Indonesia kontra Thailand yang disajikan laman Lapang Bola.


Gol Tercepat

Gol pertama Thailand ke gawang Timnas Indonesia yang dicetak oleh Chanathip Songkrasin menjadi yang tercepat sepanjang Piala AFF 2020 berlangsung. Gol itu tercipta pada menit kedua.

Sebelumnya, catatan gol tercepat di Piala AFF edisi ini dipegang pemain Vietnam, Nguyen Tien Linh. Ia mencetak gol pada menit kelima dalam pertandingan melawan Kamboja di babak penyisihan Grup B.


Thailand Belum Terkalahkan

Sampai pertandingan ketujuh di Piala AFF 2020 ini, Thailand belum terkalahkan. Saat babak penyisihan Grup A, tim asuhan Alexandre Polking itu menyapu empat kemenangan atas Singapura (2-0), Filipina (2-1), Myanmar (4-0), dan Timor Leste (2-0).

Kemudian di babak semifinal leg pertama, Thailand menang 2-0 atas Vietnam. Lalu pada pertemuan keduanya bermain imbang tanpa gol.

Sekarang di final leg pertama atau pertandingan ketujuh, Thailand mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor 4-0. Bila pada pertemuan kedua nanti skuad Gajah Perang menang lagi, itu bisa menjadi catatan yang sangat positif.


Penguasaan Bola yang Sangat Timpang

Penguasaan bola antara Timnas Indonesia dan Thailand begitu timpang. Dari statistik di laman Lapang Bola, terekam bahwa skuad Garuda hanya mencatat 30 persen, dan Thailand 70 persen.

Tingginya penguasaan bola Thailand jelas membuktikan ketimpangan permainan di antara kedua tim. Tim Gajah Perang mendominasi, sementara Timnas Indonesia dipaksa terus menerus bertahan.


Seperti Ulangan Final Piala Tiger 2000

Thailand juga pernah mencetak empat gol ke gawang Timnas Indonesia dalam pertandingan final Piala AFF. Momen itu terjadi pada edisi 2000.

Ketika itu, Thailand menang 4-1 atas Timnas Indonesia dalam final yang masih memakai format laga tunggal. Sekarang di Piala AFF 2020, skuad Garuda kembali kebobolan empat gol, namun masih ada satu pertandingan final lagi.

Berita Olahraga